Warga DKI Jakarta Sambut Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

  • Whatsapp
Drivers take the start of the Rome E-Prix leg of the Formula E season 2018-2019 electric car championship in the EUR district of Rome on April 13, 2019. (Photo by Andreas SOLARO / AFP) (Photo credit should read ANDREAS SOLARO/AFP via Getty Images)

Penulis: Team abangijo.com

Abangijo.com–Chief Championship officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyelenggaraan Formula E sudah sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait energi ramah lingkungan. Anies mengatakan Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022.

“Hadirnya Formula E di Jakarta sejalan dengan upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan,” kata Anies dalam akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Sabtu (16/10/2021).

Anies menyebut keputusan penyelenggaraan Formula E di DKI ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022. Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo juga mengapresiasi Indonesia atas penyelenggaraan Formula E di DKI.

Menurut Anies, event Formula E bisa mempromosikan penggunaan mobil listrik. Dia juga menilai ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E disebut bisa membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan milenial.

“Kami ingin kirimkan pesan kepada masyarakat dunia, mari saksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor,” kata Anies.

Anies mengatakan Formula E juga sebagai upaya memaksimalkan manfaat ekonomi Indonesia, khususnya DKI. Formula E di Jakarta, lanjut Anies, bukan hanya digelar dalam satu acara, tetapi menjadi rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022.

“Insyaallah balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak di Jakarta dan Indonesia,” tuturnya.

Diketahui, memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia, termasuk Diriyah (Arab Saudi), Roma, Monako, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul. Jakarta E-Prix 2022 akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan.

Selain itu, pada 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP. Anies berharap hal ini akan memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.

Pos terkait