Virus politik’ sama berbahayanya dengan virus corona

  • Whatsapp

Team Penulis: abangijo.com

abangijo.com–Ditengah upaya dunia mencegah penyebaran covid 19 beserta varian yang akan muncul, Pemerintahan Amerika Serikat dibawah kendali Joe Biden justru berupaya membongkar kemunculan virus covid 19. Tidak mudah memang terutama aliansi China dan Rusia semakin kuat. Untuk menganalisa sepak terjang Pemerintah AS, maka jaringan CGTN (China Global TV Network) mengadakan wawancara dengan Yuri Vadimovich Tavrovsky seorang komentator politik dan sinolog Rusia

Wang Guan : Berbicara tentang varian Delta dari COVID-19, penyebarannya cepat, dari Oseania ke Amerika, dari Asia ke Eropa. Bagaimana Anda melihat varian ini berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi kita, dan mungkin bahkan dalam jangka panjang, geopolitik?

Yury Tavrovsky : Saya pikir COVID-19 ini akan bertahan selama bertahun-tahun dengan banyak varian. Tidak ada negara yang aman, dan tidak ada tembok besar yang tidak bisa ditembus. Mereka yang mempolitisasi masalah, bukannya bergandengan tangan membantu rakyatnya sendiri dan rakyat dunia ketiga adalah penjahat.

Tapi mari kita hadapi itu. Virus corona telah menjadi satu lagi garis pemisah geopolitik antara Barat dan Timur. Perang vaksin akan terus berlanjut. Konektivitas dunia akan terganggu. Perdagangan internasional dan pariwisata akan menderita. Kontak kemanusiaan akan terputus.

Wang Guan : Anda pernah mengatakan bahwa virus politik yang disebabkan oleh prasangka ideologis COVID-19 dan standar ganda lebih berbahaya daripada COVID-19 itu sendiri. Apakah Anda melihat hal-hal yang semakin buruk dengan menyebarnya varian Delta dan juga terus berkembangnya China dan kebangkitan China?

Yury Tavrovsky : Varian Delta menyebar. China menderita dan Rusia menderita. Tapi tetap saja, saya pikir baik “virus politik” dan virus itu sendiri sama-sama berbahaya, sama pentingnya. Dan saya tidak tahu sebenarnya apa yang harus dilakukan. Tapi Moskow dan Beijing bisa berbuat lebih banyak untuk menghentikan varian Delta. Saya pikir ilmuwan kita adalah yang terbaik di dunia. Dan kami membutuhkan lebih banyak kerja sama. Dan juga di ranah media massa, di ranah politik internasional, kita juga bisa dan harus lebih aktif dan saling membantu.

Wang Guan : Bagaimana Anda melihat penyelidikan baru tentang asal usul COVID-19 ini, terutama menyelidiki teori kebocoran laboratorium potensial yang dilakukan oleh pemerintahan Biden di Amerika Serikat. Dan saat ini, AS jelas menekan organisasi internasional seperti WHO untuk melakukan hal yang sama. Mengapa sekarang dan mengapa itu terjadi?

Yury Tavrovsky : Saya pikir ini adalah semacam serangan balik terhadap kesuksesan Tiongkok tahun ini, maksud saya peringatan 100 tahun BPK, dan masyarakat menengah-kaya ini, dan penggandaan PDB, dan secara umum, keberhasilan Tiongkok dalam mengendalikan virus. Pemerintahan Biden sekarang melanjutkan perang dingin pemerintahan Presiden Trump melawan China. Dan histeria varian Delta ini adalah salah satu front dari perang dingin ini.

Pos terkait