Solusi Praktis Banjir Jabodetabek

  • Whatsapp

oleh: Moch. Faried Cahyono

abangijo.com. Ebook ini ditulis berangkat dari serial perbincangan para akademisi khususnya para arsitek dan ahli teknik, ekonom, pakar pertanian, dan kehutanan, terkait banjir yang melanda wilayah ibukota dan sekitarnya pada awal tahun 2020.

Saya diminta untuk memfasilitasi agar diskusi-diskusi lepas itu dikerangkai dan diformulasikan agar pemetaan masalah banjir di DKI dan sekitarnya bisa di dapat dengan lebih runtut. Dari situ usulan teknis maupun yang bersifat sosial dan ekonomi dapat yang lebih tepat diajukan.

Kami mengumpulkan beberapa pakar terkait. Gayung disambut oleh sahabat Suparwoko Ph.D dari Departemen Arsitektur UII Yogyakarta, Dr. Rofandi Hartanto pakar Mekanisasi Pertanian dari UNS Surakarta dan Yanto Ph.D pakar Hidrologi Fakultas Teknik Unsoed Purwokerto. Sesudah itu bergabung juga peneliti senior Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Ir. Muslih Zaenal Asikin MT, MBA, ATU.

Departemen Arsitektur UII memfasilitasi dengan sebuah talkshow di Auditorium Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII Yogyakarta, 22 Januari 2020. Hadir sebagai pembicara 4 pakar diatas, serta maha­siswa dan dosen serta beberapa guru besar sebagai penanggap.

Pekerjaan kemudian dilanjutkan dengan diskusi-­diskusi terbatas diantara kami berlima. Dan karena kesibukan para akademisi itu, juga kebutuhan men­jadikan bahan yang sebagian bersifat sangat teknis bisa dibaca mudah oleh pembaca awam, maka kami mengundang beberapa jurnalis muda, untuk terlibat dalam penulisan buku.

Pilihan membuat buku, sebetulnya termasuk kuno di pandangan anak-anak milenial. Kami paham tentu saja. Jaman sudah berganti, media paling efektif untuk menyampaikan pesan termasuk ilmu adalah media sosial. Video efektif jika ditayangkan di youtube dan instagram, serta cerita di FB dan twitter. Web sudah cukup banyak ditinggalkan saat ini, apalagi buku. Tetapi buku tetap kami nilai penting karena kami adalah para akademisi yang bekerja dengan buku ajar.

Bagaimana pun akan tetap ada orang yang membaca buku meskipun bentuknya pdf, sebagai keseriusan cara mendapatkan informasi dibanding cara cepat nonton youtube. Juga, kelebihan buku adalah kelengkapan data yang bisa kemudian diturunkan dalam pengajaran bentuk media yang lebih ringkas. Begitulah. Dalam menyusun buku ini jurnalis yang terlibat selain saya sendiri, ada saudari Pito Agustin Rudiana (Tempo), Addi Mawahibun Idhom (tirto.id) dan Sutriyati (kabarkota.com).

Kontributor utama dalam buku ini adalah Suparwoko Ph.D, Dr. Rofandi Hartanto, Yanto Ph.D dan Ir. Muslich Zainal Asikin MBA MT ATU. Beberapa ahli yang lain diwawancara secara mendalam oleh para reporter. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dekan FTSP dan jurusan Arsitektur dan Magister UII yang sudah memfasilitasi talkshow pada 22 Januari 2020.

Terima kasih juga kami sampaikan pula kepada Bapak Saat Suharto dari PBMT Indonesia yang sudah dengan senang hati meminjamkan ruang gedungnya untuk diskusi para pakar. Kepada Bapak Awalil Rizky dari Institut Harkat Negeri (IHN) Jakarta, serta kepada Bapak M. Hamied Wijaya yang sudah memberikan support sehingga buku bisa diselesaikan oleh tim.

Banyak kekurangan di buku ini, semoga bisa disempurnakan di kesempatan mendatang. Dan semoga buku menjadi amal jariyah bagi semua yang terlibat, serta memberi manfaat khusus­nya dalam pengelolaan yang lebih baik atas banjir di ibukota dan sekitarnya. Hanya kepada Allah swt kita berharap. Al fatehah. Aamiin.

Download ebooknya disini https://abangijo.com/sdm_downloads/solusi-praktis-banjir-jabodetabek/

Pos terkait