Putri Putin Meninggal Akibat Vaksin Covid?

  • Whatsapp

Oleh Ben Slametho

Abangijo.com – Media online TorontoToday.net pada 15 Agustus memberitakan kematian putri Putin, Katerina Tikhonova, akibat vaksin covid Rusia. Sang putri disebut menderita efek samping yang tidak terduga dan meninggal dunia di Moskow.

Sumber di lingkaran dalam Rusia menyebut, Katerina, mengalami kenaikan suhu tubuh dan kejang-kejang tak lama setelah suntikan kedua. Dokter tidak dapat membalikkan efek samping dari vaksin sehingga mengakibatkan kematian sang putri kemarin malam.

Ini menjadi kasus pertama kematian akibat vaksin covid Rusia, Sputnik V. Kremlin disebut salah langkah karena melewatkan uji coba tahap 3 sehingga membuat vaksin Sputnik V tidak aman. Kremlin sendiri hingga kini belum memberikan informasi resmi terkait kematian sang putri.

Untuk memperkuat pemberitaannya, TorontoToday.net menampilkan link berita inquirer.net bertanggal 14 Agutus 2020. Link tersebut memuat hasil survey terhadap 3.040 dokter dan spesialis kesehatan.  Survey yang dibuat oleh aplikasi seluler “Buku Pegangan Dokter” itu menunjukkan sebanyak 52% tenaga kesahatan Rusia tidak siap untuk divaksin, 24,5% akan setuju untuk divaksin, dan hanya seperlima yang mau merekomendasikannya kepada kepada pasien, kolega, atau teman.

Namun pada 17 Agustus, situs pengecekan fakta terkemuka snoopes.com memberikan rating FALSE terhadap pemberitaan tersebut. Snoopes.com menyatakan skeptis atas klaim artikel TorontoToday.net.

Snoopes.com menyebut berita tersebut ini tidak bersumber dari laporan resmi Kremlin, pernyataan Putin, atau laporan asli dari kantor berita yang kredibel. Snoopes.com menyebut berita tersebut berasal dari situs web yang dibuat hanya beberapa minggu sebelum artikel ini diterbitkan.

Selain itu TorontoToday.net hanya menyebut dua sumber bukti yang tidak dapat dipercaya. Sumber pertama, TorontoTody.net hanya menyebut berasal dari “sumber dalam lingkaran Rusia”. Tanpa kejelasan identitas. Tanpa rincian detil insiden.

Sumber bukti keduanya berupa video Youtube berjudul “Bacaan Tarot – Putri Vladimir Putin Meninggal Akibat Vaksin COVID”. Video yang diunggah pada 16 Agustus itu sekarang sudah dihapus. Kartu Tarot sendiri merupakan sejumlah kartu yang biasa dipakai untuk kepentingan spiritual dan ramalan masa depan.

Berita klaim TorontoToday.net sudah viral di berbagai medsos. Pengecekan fakta datang belakangan. Bila hal ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin covid 19 masih akan bertahan lama di Bumi. Saatnya semua pihak, menyikapi dan menangani covid 19 secara bertanggung jawab. Mempercayakannya kepada kerja-kerja sains dan ilmuwan yang memang menguasai bidangnya, bukan kepada yang lain.

Pos terkait