Mantan Menteri BUMN dan Bos Jawa Pos, “ Jakarta Mirip Kota di Amerika”

  • Whatsapp

Team Penulis: abangijo.com

Abangijo.com—setelah bertemu dengan Pengursu PW NU Jawa Timur,  Gubernur DKI, Anies Baswedan bertemu dengan Dahlan Iskan. Mantan menteri BUMN Dahlan Iskan mengakui, gagasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan M.H. Thamrin luar biasa. Pasalnya, ide tersebut sangat tepat karena ada masyarakat kota yang suka berjalan kaki.

Kekaguman Dahlan Iskan atas desain trotoar di Jakarta ini saat dirinya menyempatkan diri untuk menikmati suasana Kota Jakarta di malam hari dengan berjalan kaki di waktu malam dari kawasan SCBD, Jalan Jenderal Sudirman ke Hotel Indonesia Jalan M.H. Thamrin.

“Saya pernah malam-malam jalan kaki dari Capital SCBD ke Hotel Indonesia, dan saya sengaja pengen menikmati hal itu dan saya tangkap adalah cara menanam pohon di trotoar, cara meletakkan, menanam pohon yang saya respect sekali,” kata Dahlan Iskan dalam podcast-nya bersama Anies Baswedan yang dikutip KBA News, Senin 22 November 2021.

Menurut mantan bos Jawa Pos Group itu, desain trotoar di Jakarta mirip dengan yang ada di Amerika Serikat, yakni dari sisi lebar trotoar tersebut.

Tak hanya itu, cara Anies meletakkan pohon di atas trotoar dan jarak antara pejalan kaki, pohon, dan kendaraan sangat tepat hingga pejalan kaki sangat merasa aman dari kendaraan yang lalu lalang.

“Ada trotoar yang lebar sekali seperti di Amerika Serikat gitu, kemudian di pinggir trotoar, maksudnya antara trotoar dan aspal itu ditanami pohon. Dengan demikian ketika saya jalan di trotoar itu saya merasa aman, saya merasa terpisahkan dari kendaraan,” akunya.

Pengusaha yang lebih nyaman disebut wartawan ini mengakui, desain trotoar saat ini sangat bagus dan berbeda dengan trotoar sebelum-sebelumnya.

“Kalau trotoar yang dulu, pohonnya ditanam di tengah trotoar itu. Kemudian kita merasa akan disenggol oleh kendaraan yang lalu Lalang. Sekarang kita jalan masih ada pelindung kita, yaitu pohon,” kata Dahlan Iskan.

Pos terkait