Jakarta International Stadium Hasil Pajak Warga Jakarta Jadi Kebanggaan !

  • Whatsapp

Penulis : Team abangijo.com

Abangijo.com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut proyek Jakarta International Stadium adalah kebanggaan warga Jakarta karana dibiayai melalui uang pajak.

 Progres pembangunan Jakarta International Stadium yang berkapasitas 82.000 penonton dan digarap oleh PT Jakarta Propertindo tersebut telah mencapai 76,52 persen. Pada akhir bulan ini, pembangunan JIS ditargetkan sudah mencapai 80 persen. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) rampung pada Maret 2022.

 Saat ini, pengerjaan proyek yang melibatkan 4.000 pekerja ini telah mencapai 87,85%.  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan pembangunan JIS tetap berjalan meski terhalang pandemi Covid-19.

 Pengerjaan proyek dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat. “JIS adalah kebanggaan bagi warga Jakarta. Ini dibiayai lewat uang pajak dari seluruh warga Jakarta. Jadi, bukan hadiah dari perusahaan A, perusahaan B

, tapi ini sebuah kerja besar dari pajak rakyat Jakarta,” kata Anies, seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/12).  Anies menjelaskan, saat ini 20 ribu kursi penonton dari rencana 82 ribu sudah terpasang. Ia mengapresiasi para pekerja proyek yang bekerja pagi hingga malam hari untuk menyelesaikan pengerjaan stadion sesuai jadwal, kualitas, dan anggaran yang direncanakan.

 Jakpro Pamerkan 7 Proyek Hijau di Jakarta, Termasuk JIS dan LRT Ia juga mengatakan tengah membangun layanan transportasi terintegrasi untuk menjangkau warga yang  ingin datang ke stadion megah tersebut.

Anies meminta warga yang datang ke JIS menggunakan kendaraan umum karena kapasitas parkir yak tidak besar.  “Nanti di samping JIS akan dibuat stasiun kereta api. Kalau mau nonton naik kereta darimana saja ke JIS, tinggal jalan kaki 200 meter,” ujar Anies.

 Sementara itu Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Achmad Izzul Waro mengatakan, pihaknya sudah membuka rute baru Harmoni – JIS sebagai upaya menarik minat warga yang akan datang ke JIS menggunakan transportasi umum.

 Izzul berharap pembukaan rute baru menuju JIS itu dapat dimanfaatkan dan berdampak terhadap prestasi dari kesebelasan yang akan bertanding di stadion tersebut. “Ini sebuah maha karya yang patut dibanggakan dan harapannya nanti ini bisa mendukung prestasi kesebelasan kesayangan kita baik di timnas maupun level klub,” ujar Izzul.

 Atap Metal JIS Hampir Rampung, Begini Penampakannya JIS masuk dalam 10 stadion termegah di dunia, berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021. Stadium ini masuk dalam daftar ke-10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

 Tak hanya itu, JIS merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikat bangunan ramah lingkungan (green building) level platinum pada aspek pengakuan disain (design recognition). Pembangunan proyek stadium megah ini diperkirakan menelan investasi Rp 4,5 triliun.

Pos terkait