Apakah WA Saya Disabot?

  • Whatsapp

oleh: Supoyo Rahardjo

abangijo.com. Tadi malam, smartphone saya OFF-kan. Baru pagi harinya, saya On-kan kembali. Begitu proses booting tuntas, tiba-tiba muncul notifikasi pesan WA. Aneh, karena sudah dua tahun lebih, saya mematikan fitur notifikasi ini.

Masuk ke aplikasi WA, saya tekan titik tiga kanan atas untuk masuk ke Setelan. Langsung masuk ke Notifikasi. Pengaturan notifikasi tidak berubah, masih tetap sama, alias mode senyap.

Nada percakapannya senyap. Dalam pengaturan notifikasi Pesan, nada notifikasinya dalam posisi silent. Getarnya dalam posisi mati. Notifikasi pop-upnya tidak ada. Selanjutnya, gunakan notifikasi prioritas tinggi, masih dalam posisi mati juga.

Dalam pengaturan notifikasi Grup, nada notifikasinya silent, getarnya mati, notifikasi pop-up nya tidak ada. Gunakan notifikasi prioritas tinggi masih dalam posisi mati. Namun, saya masih terus mendapat notifikasi pesan.

Saya coba cara “bodon”. Saya restart smartphone. Hasilnya: tidak berubah juga. Notifikasi WA masih tetap muncul. Pikiran buruk muncul, apakah akun WA saya disabot? Wah serem ini.

Bingung mau bertanya ke siapa, saya buka-buka grup-grup WA. Barangkali ada solusi. Dapat!!! Di salah satu grup WA ada saran seperti ini.

Selamat pagi, 

Banyak data WA sekarang jebol/di-hack. Jadi agar segera lakukan langkah pengamanan untuk akun WA masing-masing. Ikuti cara Verifikasi Dua Langkah Akun WA:

​1. Bapak/Ibu buka setting

2. Pilih akun

3. Pilih Verifikasi dua langkah

4. Nanti akan diminta buat PIN 6 Digit dua kali

5. Kemudian diminta Verifikasi e-Mail dua kali

6. Kemudian aktifkan

7. Selesai

Catatan : ​Usahakan PIN 6 Digit-nya tidak sama dengan akun transaksi keuangan (ATM/Mobile/Internet/SMS Banking) atau PIN transaksi keuangan lainnya. ​Terimakasih.

Layak dicoba!! Saya masuk Setelan. Saya pilih Akun yang berlambang kunci terbalik. Masuk ke Verifikasi dua langkah yang berlambang titik tiga. Disini tertulis, “Untuk kemanan tambahan, aktifkan verifikasi dua langkah, yang akan meminta PIN ketika nomor telepon Anda didaftarkan lagi dengan WhatsApp.” Saya tekan “Aktifkan”.

Tertulis, masukkan PIN 6 digit yang akan diminta saat Anda mendaftarkan nomor telepon Anda dengan WhatsApp. Saya ikuti saran dengan memasukkan PIN 6 digit yang tidak sama dengan akun transaksi keuangan (ATM/Mobile/Internet/SMS Banking) atau PIN transaksi keuangan lainnya. Done!

Setelah itu, saya diminta memasukkan email. Setelah itu muncul kotak dialog lagi, tertulis: “Verifikasi dua langkah diaktifkan. Anda perlu memasukkan PIN ketika mendaftarkan nomor telepon Anda dengan WhatsApp lagi.”

Saya tekan tanda back beberapa kali. Akhirnya muncul kotak dialog yang meminta PIN enam digit. Saya input dan selesai.

Alhamdulillah, hati lebih tenang, tinggal mencoba hasil. Saya masuk ke Setelan. Masuk ke notifikasi. Kemudian semua notifikasi saya sengaja hidupkan. Alhamdulillah sukses. Berjalan normal. Notifikasi muncul secara normal

Percobaan kedua. Saya ulangi masuk ke Setelan. Masuk ke notifikasi. Kali ini saya off kan semua. Dan hasilnya? Hah… notifikasi masih tetap muncul. Gagal dong.

Lama saya merenung, dimana masalahnya? Apa benar disabot orang seperti yang dialami beberapa kawan saya?

Iseng-iseng saya coba masuk ke Pengaturan smartphone. Saya pilih “Bilah status dan pemberitahuan”. Di situ, saya dapati yang on hanya dua. Menampilkan kecepatan jaringan dan Persentase baterai.

Kemudian di bagian bawah ada Kelola Pemberitahuan untuk aplikasi. Wah, jangan-jangan disini nih. Saya cek pada WhatsApp. Duarr, ternyata Izin Notifikasi dalam posisi on. Segera saya off kan. Saya minta teman untuk kirim pesan WA. Test. Alhamdulillah, pesan masuk dan notifikasi WA tidak muncul.

Lega. Pada akhirnya smartphone dalam kendali saya 100% lagi. Dan dengan mengikuti saran mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, saya merasa WA saya lebih aman. Namun masih ada pertanyaan. Kenapa bisa Pengaturan smartphone berubah? Apa bisa berubah sendiri?

Pos terkait