Anies Sandi Punya Peluang di 2024

  • Whatsapp

Team: abangijo.com

Abangijo.com. Pengamat politik dari Universitas Andalas, Najmuddin Rasul, melihat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berpeluang besar menang di Pilpres 2024 bila kembali disandingkan dengan Sandiaga Uno. Menurut Najmuddin, pasangan tersebut pernah memenangkan Pilgub DKI 2017 lalu.

“Anies-Sandi punya peluang besar bila kita merujuk pada Pilkada DKI. Karena DKI adalah representasi pemilih nasional,” kata Najmuddin, Selasa (24/5/2022).

Andai Anies dan Sandi kembali berpasangan koalisi yang siap mendukung menurut Najmuddin adalah Gerindra, PKS, Nasdem, dan Partai Demokrat.

Partai-partai ini menurut Najmuddin selama ini tidak pernah berbeda pandangan terhadap Anies Baswedan. Terutama Gerindra yang merupakan partai yang menaungi Sandiaga. 

Gerindra juga saat ini memiliki kader yang duduk sebagai Wagub DKI pendamping Anies, Ahmad Riza Patria. Poros Anies Sandi menurut Najmuddin akan mendapat perlawanan dari dua poros lainnya. Yakni poros Erick Thohir-Ganjar Pranowo dan poros Puan Maharani-Muhaimin Iskandar.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Mardani Ali Sera menyatakan partainya tidak menutup peluang mendorong duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.


Terlebih lagi, ujar Mardani, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pernah bersama-sama memenangkan kompetisi politik yakni Pilkada DKI Jakarta 2017. “Kalau takdir Allah dan memang jalannya mudah, insyaallah ini menjadi salah satu tawaran terbaik bagi bangsa Indonesia,” kata Mardani kepada wartawan, Minggu (19/9).


Legislator yang duduk di Komisi II DPR itu menyatakan bahwa Anies dan Sandi bisa saling melengkapi apabila didorong sebagai calon presiden dan calon wakil presiden. Dia menegaskan dari sisi ide, Anies-Sandi saling melengkapi. Selain itu, kata dia, keduanya mewakili Indonesia.

Sebab, ujar Mardani lagi, Anies berasal dari Jawa, dan Sandi luar Jawa. “Satu Jawa dan satu luar Jawa, satu bisa ambil kanan satu bisa ambil tengah, dan dua-duanya muda. Dua-duanya punya kapasitas, dua-duanya kawan dekat,” ujar Mardani

Pos terkait