Akhirnya Messi Berpisah Dengan Barcelona FC.

  • Whatsapp

Penulis: Team abangijo.com

Abangijo.comРPublik sepak bola tidak akan melihat lagi Lionel Messi berseragam Barcelona FC karena dia  resmi meninggalkan Barcelona, usai tidak memperpanjang kontraknya. Perjalan karier gemilangnya bersama Blaugrana kini tinggal sejarah.

Messi dan Barcelona sepakat berpisah pada Jumat (6/8/2021) dini hari WIB. Niat klub mempertahankan pemain terbaiknya terganjal regulasi LaLiga soal pembatasan gaji.

“Meskipun FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan dan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru pada hari ini, hal itu tidak dapat terjadi karena hambatan finansial dan struktural [regulasi Liga Spanyol],” bunyi pernyataan di situs resmi Barca.

“Sebagai hasil dari situasi ini, Lionel Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sama-sama sangat menyesal karena harapan dari pemain dan klub pada akhirnya tidak terpenuhhi.”

Membuat Kecewa Banyak Pihak

Karena saling lekatnya Barcelona dengan Leonel Messi banyak pihak tidak ingin si bocah ajaib berpisah termasuk Presiden Argentina, sangat kecewa dengan keputusan tersebut. Usaha Presiden Barcelona dan fans Barcelona menahan Messi telah gagal karena gagalnya kesepakatan diantara kedua belah pihak.

“FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya membesarkan klub dan mengharapkan yang terbaik untuk masa depan di pemain baik di kehidupan pribadi maupun profesionalnya,” jelas pernyataan klub soal kepergian Lionel Messi.

Messi membela Barcelona sejak usia bocah. Ia diangkut ke Catalan pada usia 13 tahun pada tahun 2000.

Tiga tahun berstatus pemain trial, Messi akhirnya bisa menjadi pemain akademi Barcelona. Ia mengawalinya di tim Barcelona C, sebelum naik ke tim senior pada 2004.

Setelahnya adalah sejarah bagi Messi dan Barcelona. Messi menjelma menjadi pemain terbaik sepanjang sejarah klub.

Hambatan finansial dan struktural menjadi alasan utama kepergian Messi. Barcelona sedang krisis keuangan, ditambah aturan pembatasan gaji di LaLiga menjadi pemicunya.

Krisis yang dialami Barcelona berdampak parah. Hal itu membuat raksasa Catalan kena aturan pembatasan gaji dari LaLiga.

Pada musim 2019/2020, Barcelona menjadi klub yang menggaji pemainnya paling mahal, yakni mencapai sekitar 671 juta euro. Pada musim 2020/2021, LaLiga membatasinya, di mana Barcelona cuma bisa menggaji pemainnya sebesar 382,8 juta euro.

LaLiga memberi keringanan kepada Barcelona agar mengurangi total gaji pemainnya. Salah satunya dengan menjual beberapa bintangnya.

Namun hal itu juga tetap sulit dilakukan Barcelona. Selain kesulitan menjual, nilai kontrak bintang-bintangnya juga sudah terlampau mahal.

Selamat berpisah Messi

Pos terkait